Mudah! Cara Buat Tanda Tangan Digital

    Mudah! Cara Buat Tanda Tangan Digital

    TEKNOLOGI - Di zaman serba digital ini, kehadiran aplikasi tanda tangan online sangat membantu banyak orang. Bagaimana tidak? Melalui tanda tangan digital, Anda bisa membubuhkan tanda tangan pada dokumen elektronik Anda. Praktis, bukan?

    Lalu, bagaimana cara membuat tanda tangan digital?

    Nah, artikel ini akan membahas mengenai cara membuat tanda tangan digital serta beberapa manfaatnya. Penasaran, kan? Yuk, mulai!

    Apa itu Tanda Tangan Digital?

    Di Indonesia, tanda tangan digital merujuk pada tanda tangan elektronik tersertifikasi. Menurut UU Nomor 11 Tahun 2008, tanda tangan elektronik adalah tanda tangan yang terdiri atas Informasi Elektronik yang dilekatkan, terasosiasi atau terkait dengan Informasi Elektronik lainnya yang digunakan sebagai alat verifikasi dan autentikasi.

    Cara Buat Tanda Tangan Digital Termudah

    1. Kunjungi website https://mekarisign.com, lalu klik Coba Gratis di kanan atas untuk membuat akun Anda
    2. Sebelum bisa melakukan tanda tangan, Anda harus melengkapi eKYC yang muncul di website
    3. Bila eKYC selesai, Anda akan dihadapkan ke Dashboard. Klik Upload Dokumen untuk mengupload dokumen dari perangkat yang akan Anda bubuhkan tanda tangan elektronik
    4. Kemudian, Anda masukkan nama dan alamat email para pihak yang akan melakukan tanda tangan. Pastikan kolom di sebelah email adalah Needs to sign
    5. Untuk menambahkan pihak lainnya, klik Add another signer
    6. Bila Anda juga termasuk pihaknya, Anda klik saja Add me as signer
    7. Anda juga bisa mengatur urutan tanda tangan dengan mengklik Set sign order, lalu geser urutan dengan klik dan geser titik-titik yang muncul. Bila sudah, klik Next
    8. Selanjutnya, Anda bisa mengatur tanda tangan para pihak, seperti letaknya, nama, durasi kontrak, tanggal, dan sebagainya. Jika sudah sesuai, klik Next
    9. Terakhir, lakukan cek ulang apakah semuanya sudah benar. Mulai dari nama pihak, email, dan semacamnya. Bila sudah, klik Send document untuk mengirimkan dokumen ke masing-masing pihak agar dibubuhkan tanda tangan online.

    Manfaat Tanda Tangan Digital

    Berikut beberapa manfaat tanda tangan digital bila Anda menggunakannya:

    1.    Menekan Biaya

    Manfaat tanda tangan digital yang pertama adalah mampu menekan biaya. Sebab, Anda tak perlu mencetak dokumen fisik, melakukan scan, maupun mengirim dokumen via ekspedisi. Anda hanya memerlukan koneksi internet dan perangkat yang mendukung, seperti handphone atau laptop.

    2.    Menghemat Waktu

    Dengan tanda tangan digital, proses pengesahan dokumen bisa selesai dalam hitungan menit. Alasannya, Anda tak harus menunggu dokumen dikirim melalui ekspedisi yang memakan waktu berhari-hari. Hal ini tentu saja sangat menghemat waktu, apalagi jika para penandatangan berada di luar kota maupun beda negara.

    3.    Keamanan Canggih

    Seperti yang Anda ketahui, kasus pemalsuan dokumen fisik maupun pemalsuan tanda tangan basah cukup marak terjadi. Untungnya, tanda tangan digital memiliki keamanan canggih yang mampu memverifikasi identitas para pihak. Alhasil, keamanan dan keasliannya terjaga.

    4.    Produktivitas Meningkat

    Seperti yang sudah disebutkan, tanda tangan digital bisa menekan biaya dan menghemat waktu Anda. Kedua hal ini akan berkontribusi positif pada produktivitas penggunanya. Sebab, Anda tak perlu menunggu lama terkait persetujuan atau keputusan penting lainnya dan bisa langsung mengerjakannya.

    5.    Ramah Lingkungan

    Terakhir, tanda tangan digital merupakan teknologi ramah lingkungan karena semua prosesnya dilakukan secara elektronik. Artinya, Anda tak membutuhkan kertas dan tinta sama sekali dari awal sampai akhir prosesnya.

    Updates.

    Updates.

    Artikel Sebelumnya

    Rekomendasi Produk Kesehatan dan Kecantikan...

    Artikel Berikutnya

    Apa Itu Root Blower dan Apa Fungsinya?

    Berita terkait