13 Hal yang Perlu Dipersiapkan Bagi Mahasiswa Baru

    13 Hal yang Perlu Dipersiapkan Bagi Mahasiswa Baru

    TEKNOLOGI - Memulai perjalanan sebagai mahasiswa baru adalah langkah besar yang membawa banyak perubahan dan tantangan. Ketika menjadi mahasiswa baru pasti Anda akan dihadapi dengan segala printilan, seperti perlengkapan kuliah salah satunya. Siapkan peralatan dan perlengkapan kuliah, salah satunya laptop.

    Karena jaman yang serba canggih, biasanya tugas kuliah tidak lagi menggunakan tulis tangan, semuanya serba online, maka dari itu banyak mahasiswa yang membutuhkan laptop sebagai device wajib perkuliahan mereka. Salah satu rekomendasi laptop dengan harga terjangkau tapi berkualitas adalah Asus VivoBook 14 A1400EA. Di e-commerce Blibli, laptop ini dibanderol dengan harga 5 jutaan saja.

    Hal Penting Wajib Diperhatikan Bagi Mahasiswa Baru

    Selain perlengkapan pembelajaran, masih banyak hal lainnya yang perlu Anda persiapkan. Apa saja? Simak yuk di bawah ini!

    1. Administrasi dan Pendaftaran

    Pastikan untuk menyelesaikan semua prosedur administrasi dan pendaftaran sebelum masa perkuliahan dimulai. Registrasi mata kuliah, pembayaran biaya kuliah, dan pemilihan jadwal kuliah adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan.

    2. Tempat Tinggal

    Jika Anda tinggal di luar kota atau negara, pastikan akomodasi Anda sudah diatur sebelum hari pertama perkuliahan. Cari informasi tentang asrama kampus, penyewaan apartemen, atau opsi tempat tinggal lainnya yang dekat dengan kampus. Tak perlu ragu juga apabila Anda ingin membawa kendaraan dari tempat tinggal Anda menuju tempat perantauan Anda. Lumayan menghemat ongkos untuk segala mobilitas keperluan perkuliahan Anda.

    3. Pemahaman tentang Program Studi

    Pelajari lebih lanjut tentang program studi yang Anda ambil. Kenali struktur kurikulum, mata kuliah wajib dan pilihan, serta peluang karier setelah lulus. Semakin Anda memahami program studi, semakin mudah Anda dapat mengelolanya.

    4. Rencana Keuangan

    Mengatur keuangan sebagai anak kos melibatkan perencanaan anggaran, prioritas kebutuhan pokok, dan belanja cerdas. Hemat biaya dalam transportasi, makanan, dan hindari hutang yang tidak perlu. Anda wajib menyisihkan dana untuk dana darurat, pertimbangkan sumber penghasilan tambahan seperti menjadi freelance atau mungkin barista coffee shop, dan beberapa pekerjaan lainnya, pastikan tidak mengganggu fokus Anda terhadap pembelajaran.

    Pantau pengeluaran secara berkala, hindari pembelian impulsif, dan manfaatkan diskon mahasiswa. Ajak teman kos untuk berbagi biaya dan ajukan diskon khusus sebagai upaya mengelola keuangan dengan efektif. Tentukan anggaran untuk biaya hidup, biaya kuliah, buku, dan hiburan. Hal ini membantu menghindari masalah keuangan yang dapat mengganggu fokus belajar.

    5. Kegiatan Orientasi Mahasiswa

    Ikuti kegiatan orientasi mahasiswa yang diselenggarakan oleh kampus. Ini adalah kesempatan untuk mengenal lingkungan kampus, bertemu teman-teman baru, dan memahami lebih baik aturan dan layanan kampus.

    6. Kesehatan dan Asuransi

    Pastikan Anda memiliki asuransi kesehatan yang mencakup masa studi Anda. Juga, periksa persyaratan vaksinasi dan perawatan kesehatan yang mungkin diperlukan di kampus.

    7. Jaringan dan Hubungan Sosial

    Bangun jaringan dan hubungan sosial sejak awal. Temui teman-teman sekelas, ikuti kegiatan organisasi, dan hadiri acara kampus. Koneksi sosial dapat membantu Anda beradaptasi dan merasa lebih nyaman di lingkungan baru.

    8. Penyusunan Jadwal Belajar

    Buat jadwal belajar yang efektif. Tetapkan waktu untuk kuliah, belajar mandiri, dan istirahat. Penyusunan jadwal yang baik membantu menciptakan keseimbangan antara akademis dan kehidupan sosial.

    9. Pemahaman tentang Fasilitas Kampus

    Ketahui lokasi dan fasilitas kampus, seperti perpustakaan, laboratorium, pusat olahraga, dan kantin. Pemahaman ini akan memudahkan Anda dalam menjalani aktivitas sehari-hari di kampus.

    10. Mental dan Emosional

    Persiapkan diri secara mental dan emosional untuk tantangan baru. Terimalah bahwa adaptasi membutuhkan waktu, dan jangan ragu untuk mencari dukungan dari teman, keluarga, atau konselor kampus jika diperlukan.

    11. Pemahaman Etika dan Aturan Kampus

    Kenali aturan dan etika kampus. Ketahui kode etik akademis, aturan kehadiran, dan prosedur lainnya. Memahami aturan ini membantu Anda menghindari masalah akademis dan disiplin.

    12. Rencana Karier

    Meskipun mungkin terasa jauh, pertimbangkan rencana karier Anda. Identifikasi peluang magang, kerja paruh waktu, atau program pengembangan karier yang dapat meningkatkan pengalaman Anda selama kuliah. Jadilah mahasiswa yang up to date dengan informasi pengembangan karir terkini!

    13. Keterampilan Manajemen Waktu

    Kembangkan keterampilan manajemen waktu yang baik. Pembagian waktu antara belajar, pekerjaan, dan kegiatan sosial adalah kunci untuk mencapai keseimbangan hidup yang sehat.

    Dengan mempersiapkan diri dengan baik, Anda dapat memaksimalkan pengalaman kuliah Anda dan menghadapi tantangan kampus dengan percaya diri. Perjalanan sebagai mahasiswa baru adalah kesempatan untuk tumbuh dan belajar, jadi nikmatilah setiap momennya!

    asus vivo book
    Updates.

    Updates.

    Artikel Sebelumnya

    7 Panduan Memilih Microphone Wireless yang...

    Artikel Berikutnya

    Ratusan Pelaku UMKM Hadiri Sosialisasi UMi...

    Berita terkait